Membangun Aplikasi CRUD dengan Laravel
Dalam pengembangan web, operasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) adalah salah satu yang paling umum. Laravel, dengan kekuatan dan kemudahan penggunaannya, adalah pilihan yang luar biasa untuk membangun aplikasi CRUD. Artikel ini akan membimbing Anda langkah demi langkah dalam pembuatan aplikasi sederhana dengan fungsi CRUD menggunakan Laravel.
Langkah 1: Persiapan
Sebelum kita mulai, pastikan Anda sudah menginstal Laravel dan memiliki proyek yang ada. Jika belum, ikuti langkah-langkah di artikel sebelumnya tentang "Memulai dengan Laravel: Panduan Pemula."
Langkah 2: Membuat Model, Migrasi, dan Controller
Dalam Laravel, model merepresentasikan tabel di database kita, migrasi digunakan untuk membuat tabel tersebut, dan controller mengendalikan logika bisnis kita. Untuk membuatnya, jalankan perintah berikut di terminal:
shellphp artisan make:model NamaModel -m
Gantilah "NamaModel" dengan nama model yang sesuai dengan objek yang akan Anda kelola dalam aplikasi Anda.
Langkah 3: Edit Migrasi
Dalam berkas migrasi yang baru saja dibuat di direktori database/migrations, Anda dapat menentukan skema tabel. Definisikan kolom yang diperlukan untuk objek Anda dalam metode up(). Contohnya:
phppublic function up()
{
Schema::create('namatable', function (Blueprint $table) {
$table->id();
$table->string('nama_kolom');
$table->text('deskripsi');
$table->timestamps();
});
}
shellphp artisan migrate
Langkah 4: Membuat Controller
Buat controller CRUD Anda dengan perintah:
shellphp artisan make:controller NamaController
Di dalam controller ini, Anda akan menentukan logika CRUD untuk objek Anda.
Langkah 5: Routing
Anda perlu mendefinisikan rute untuk aplikasi CRUD Anda. Buka berkas routes/web.php dan tambahkan rute Anda seperti ini:
phpRoute::resource('nama-rute', 'NamaController');
Pastikan Anda mengganti "nama-rute" dengan nama rute yang Anda inginkan.
Langkah 6: Membuat Tampilan
Buat tampilan Anda dalam direktori resources/views. Anda akan memiliki tampilan untuk menampilkan, membuat, mengedit, dan menghapus objek Anda.
0 Komentar